Agam Media Info

Blog Kaba nagari Agam Kecamatan Baso

Wisata Budaya Minang

Rumah Gadang

Pantun Minang

isi artikel disini

Bupati Agam

Ir H Indra Catri M.Pd

Bapak Camat Baso

isi artikel disini

Wali Nagari

isi artikel disini

Iklan

Pasang Iklan Promosi Usaha Anda

Sejarah Siangkat SMA 1 Baso.


Pada tahun 1987 pemuka-pemuka masyarakat se-kecamatan Baso yang terdiri dari semua unsur antara lain Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan perwakilan Perantau Kecamatan Baso yakni dari IKBS Padang, Pekan Baru, Duri, Dumai dan lain-lain mengadakan pertemuan yang bertempat di SMP Negeri 1 Baso.

Pertemuan tersebut membicarakan masalah kemajuan pendidikan secara keseluruhan, khususnya masalah pendirian 1 (satu) buah SMA di Kecamatan Baso. Dari pertemuan tersebut dihasilkan keputusan yaitu membentuk Badan Pembangunan Pendidikan Kecamatan Baso disingkat BP3KB yang diketuai oleh Dr. H. Zubir Yunus Dt. Kampuang Putiah dan Dasni Saber sebagai sekretaris serta beberapa orang pengurus lainnya.

Setelah pengurus BP3KB menemui dan mengajukan permohonan kepada Ka Kanwil Depdikbud Sumbar agar di Kecamatan Baso dapat didirikan sebuah SMA Negeri dan Ka Kanwil menyarankan agar sementara didirikan sebuah SMA Swasta yang dikelola oleh Yayasan.

Maka pada tahun 1987 itu juga didirikan Yayasan Pembangunan dan Pengembangan Pendidikan Kecamatan Baso (YP3KB) yang para pendirinya terdiri dari 6 orang mewakili tiap-tiap nagari, yaitu :
  1. Dr. Zubir Yunus Dt. Kampuang putiah (Simarasok)
  2. Dasni Saber (Padang Tarok)
  3. H. Rusdi (Koto Tinggi)
  4. H. Somreni Akhyar (Tabek Panjang)
  5. A. Dt. Kayo (Bungo Koto Tuo)
  6. Nilson.BR
Pada awal berdirinya, beberapa orang masyarakat Baso terjun langsung mendanai pembangunan 2 buah lokal belajar. Dan setelah itu mereka mencari berbagai sumbangan dari masyarakat, dermawan dan iuran orang tua/wali serta bantuan perantau Kecamatan Baso (Jakarta, Padang, Pekanbaru, Duri, Dumai dan perantau lainnya) mulai mengalir sehingga pada tahun kedua dapat dibangun lagi 3 lokal tambahan. Pada saat itu seluruh dana yang diterima dipergunakan seefisien dan seefektif mungkin untuk pembangunan dan kemajuan SMA Baso.

Pada tahun ketiga keberadaan, SMA Baso diakui oleh pemerintah dengan dikeluarkannya surat keputusan nomor : Sk.0216/0/1992 resmi SMA yang semula dibawah Yayasan Pembangunan dan Pengembangan Pendidikan Kecamatan Baso (YP3KB) menjadi SMA Negeri dan dibentuklah BP3 sebagai mitra dari sekolah. Kemudian sesuai dengan KEP MEDIKNAS No. 044/U/2002, maka pada tahun 2002, BP3 SMA negeri 1 Baso dihapus dan diganti dengan Komite SMA Negeri 1 Baso.

Sejak awal berdirinya sampai sekarang SMA Negeri Baso telah berjalan hampir 26 tahun dan telah beberapa kali berganti pimpinan, namun hasil yang dicapai berdasarkan kepada parameter jumlah lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, masih jauh dari harapan sehingga perlu upaya dan kerja keras dari semua pihak terkait.

Sejak didirikan :

A. Kepala Sekolah yang ditugaskan adalah :

  1. Drs. Salman
  2. Drs. Syamsul Rizal
  3. Drs. Perwira Zets
  4. Drs. Darpis
  5. Drs. Muslim
  6. Drs. Ali Hasan
  7. Drs. Akmal
  8. Drs. Hamdi
  9. Drs. Azwir Herdiman, M.Pd
  10. Drs. Rusdianif, M.Pd

B. Wakil Kepala Sekolah :

  1. Bulkhiar
  2. Zulhelmi
  3. Nasrul T
  4. Eddy Irfan
  5. Joni Aidil Akbar
  6. Hamdani Manan
  7. Burmal
  8. Anizul Aidi
  9. Zulfikar
  10. Amzisman

0 comentar:

Posting Komentar

ADDRESS : Agam Timur Media Info Jln Bukitinggi-Batusangkar km 06 Pincuran Puti Baso 26192 Email @: agam_mediainfo@yahoo.co.id, Website AT M I: Or ADMIN http://labungbaru.blogspot.com/,www.yatno-zigana.com,